Intel Gratiskan Akses Internet

 Berbagai terobosan dilakukan oleh produsen perangkat dan operator telekomunikasi untuk mempercepat penetrasi teknologi di Indonesia. Salah satunya melalui strategi bundling yang dianggap sangat efektif dan menguntungkan.


Strategi ini juga tak luput dilakukan oleh salah satu produsen prosesor terbesar dunia. Intel Indonesia menggandeng sekaligus operator telekomunikasi dan vendor produsen perangkat tablet di Indonesia untuk memberikan akses gratis koneksi internet 3G pada perangkat tablet dan smartphone yang berprosesor Intel.


Menurut Hermawan Sutanto, Marketing Director Intel Indonesia, penetrasi perangkat teknologi di saat ini membutuhkan akses. Demikiran juga penetrasi akses yang juga membutuhkan perangkat.

"Kalau PC, tablet, dan smartphone itu tidak ada, tentu pemakaian Wifi dan koneksi 3G tidak akan seperti sekarang. Demikian juga, kalau tidak ada teknologi Wifi dan 3G, PC, tablet dan smartphone tidak akan booming seperti saat ini," jelasnya.

Hermawan melihat ada dua pilihan untuk mempercepat penetrasi teknologi. Apakah perangkatnya yang digratiskan, atau akses internetnya. Masalahnya, sampai sekarang belum ada bisnis model yang menggratiskan perangkat.

“Baru Intel yang melakukan terobosan dengan menggratiskan akses. Idenya adalah bagaimana pengguna atau konsumen benar-benar menikmati akses secara gratis,” ujarnya.

Menurut Hermawan, terobosan yang dilakukan Intel ini berbeda dengan bundling yang selama ini dijumpai dimana konsumen tetap harus menanggung biaya dari hasil bunding produsen perangkat dan operator telekomunikasi meskipun dengan harga terjangkau.

“Kali ini, Intel benar-benar memanjakan konsumen. Bukan pembeli, bukan penjual, bukan pula yang punya brand yang menanggung biaya. Tapi, Intel sebagai penyedia prosesor yang bayar,” ujarnya.

Sejak Juni 2014 ini, Intel membundel table Asus Fonepad dan smartphone Asus Zenfone yang akan dijual melalui distributor resmi dengan Starter Pack Indosat Mentari 3G plus gratis 12GB paket data dan WhatsApp untuk enam bulan.

“Kolaborasi ini akan membuat masyarakat Indonesia lebih produktif, sesuai dengan kebutuhan gaya hidup mobile masa kini,” ujar Hermawan.

Terobosan yang dilakukan Intel untuk mempercepat penetrasi teknologi di Indonesia dengan menggratiskan akses mendapat dukungan dari Indosat. Menurut Arthur Koentjorowibowo, Group Head SME Sales Indosat, kerjasama yang diusung Intel ini cukup unik dan baru pertama kali diperkenalkan di Indonesia.

“Ini cukup unik karena kita bekerjasama langsung dengan core-nya, yakni produsen prosesor, bukan dengan vendor devices,” ujar Arthur.

Kerjasama yang merupakan strategic move ini, selain akan mempercepat penetrasi teknologi di Indonesia, pihak Indosat juga akan kecipratan keuntungan, terutama dalam memperluas pangsa pasar dan mempercepat rencana ekspansi bisnis Indosat.

"Ini merupakan kerjasama yang saling menguntungkan dari sisi penetrasi market customer, baik bagi Intel, Indosat maupun vendor devices,” ujarnya.

Salah satu keuntungan yang menjadi fokus dari terobosan akses gratis Intel ini adalah memberikan sesuatu yang berbeda terhadap market Indonesia sehingga experience pelanggan menjadi lebih baik. Bahkan, beberapa mutual market di luar Indonesia telah melakukan model bisnis seperti yang diusung Intel.

Pemberian akses gratis selama enam bulan ini, kata Arthur cukup masuk akal karena model bisnis seperti ini merupakan model yang pertama kali dilakukan di Indonesia sekaligus untuk mengetahui bagaimana penerimaan pelanggan atas fasilitas gratis ini.

“Ini merupakan sesuatu yang menarik sekaligus lebih affordable dari sisi bisnis,” pungkasnya.
- Tittle    : Terobosan Intel Gratiskan Akses Internet
- Source  : detikdotcom

0 komentar:

 

ilmu Komputer Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger