Tips dan Trik Microsoft Word 2010
Siapa
yang tak kenal Microsoft Office? Aplikasi buatan Microsoft yang telah banyak
dipakai oleh jutaan atau lebih komputer di seluruh dunia ini adalah aplikasi
yang wajib di install di Windows. Hampir semua perkantoran, bahkan instansi
pemerintahan memakai aplikasi yang terkenal dengan Word, Excel dan
Powerpoint-nya ini.
Dan
bagi Anda yang seringkali memakai MS Word untuk mengetik dokumen, ada beberapa
tips dan trik yang mungkin saja belum Anda ketahui. Mulai dari bekerja secara
cepat dan efisien sampai mengusili teman kerja dapat Anda temukan disini.
Seleksi
Mungkin
Anda sudah mengetahui cukup klik dua kali untuk menyeleksi satu kata, dan klik
tiga kali untuk menyeleksi satu paragraph. Namun untuk menyeleksi satu kalimat
cukup tahan tombol “Ctrl” dan klik di kalimat manapun. dan untuk menyeleksi
seluruh tabel tahan tombol “Alt” dan klik dua kali.
Membuat
tabel
Mungkin
selama ini Anda membuat tabel dengan memakai “Draw Table”, kini Anda bisa
membuat tabel dengan meng-klik tab “Insert” lalu klik “Table” yang akan
menampilkan pop up Insert Table disini Anda tinggal menggeser mouse untuk
menentukan jumlah kolom dan hasilnya akan tertampil langsung di dokumen Anda,
lalu klik.
Jika ingin membuat satu kolom tabel
saja Anda cukup menekan tombol + untuk garis vertical dan – untuk garis
horizontal misal “+————+——-+” (tanpa tanda kutip) lalu tekan “Enter”
Menambahkan Comment Box
Jika Anda hendak mengirimkan dokumen
ke teman atau relasi kerja Anda, tak perlu menulis panjang lebar penjelasan
mengenai kalimat yang mungkin kurang dipahami di email. Cukup dengan menyeleksi
bagian dari kalimat lalu klik tab “Review” lalu pilih “New Comment”
Membuat daftar dengan Keyboard
Anda bisa membuat daftar urut dengan
nomor atau symbol cukup dengan menekan tombol di keyboard. Misal, menulis nomor
urut cukup dengan mengetik 1. kata yang diinginkan lalu tekan “Enter” secara
otomatis MS Word akan mengurutkan nomor yang telah Anda ketik tadi.
Memasukkan Screenshot ke MS Word
Salah satu fitur terbaru dari MS
Word 2010 yaitu dapat memasukkan Screenshot langsung ke dalam dokumen. Cukuo
dengan menekan tombol “Print Screen” pada keyboar lalu klik tab “Insert” klik
“Screenshot”.
Menambahkan Bookmark ke Dokumen
Anda sedang membuat tulisan untuk
dapat dibaca langsung oleh Bos atau relasi kerja. Cukup tambahkan Bookmark agar
mereka dapat lebih mudah membaca seluruh isi dokumen Anda dengan klik tab
“Insert” di kolom “Links” klik “Bookmark” ketikkan nama halaman yang diinginkan
lalu klik “Add”.
Setelah itu buatlah sebuah halaman
khusus untuk daftar isi dokumen Anda. Seleksi salah satu judul halaman dokumen
klik tab “Insert” di kolom Links klik “Hyperlink” akan muncul window Insert
Hyperlink pilih Place in This Document lalu pilih judul halaman di kolom
bookmark yang telah Anda buat lalu klik OK.
Sekarang Anda bisa langsung menuju
halaman yang diinginkan dengan meng-klik judul halaman di daftar isi dengan
menahan tombol “Ctrl dan klik kiri”.
Mengubah Status Bar
Mungkin Anda tidak menyadari kalo
status bar di MS Word juga bisa di ubah sesuai dengan keinginan. Klik kanan
status bar Anda akan menemukan banyak konfigurasi yang dapat Anda sesuaikan.
Atur Auto Correct
Pernahkah Anda mengetikkan kata teh
yang kemudian berubah menjadi the? Itulah Auto Correct, fitur Auto Correct di
MS Word memang sangat berguna jika Anda seringkali membuat dokumen berbahasa
Inggris. Anda bisa mengatur Auto Correct dengan klik tab “File” lalu pilih
“Options” klik “Proofing” dan klik “Auto Correct Options…” di tab Auto Correct
terdapat kolom ketikkan kata yang diinginkan misal teh pilih kata tersebut di
kolom bawah dan klik Delete.
Anda juga bisa menambahkan beberapa
kata agar bisa diperbaiki secara otomatis oleh MS Word.
Shortcut
Shortcut untuk MS Word memang cukup
banyak namun tak perlu menghapal semuanya cukup seperlunya agar dapat membantu
kerja Anda. Selain shortcut umum seperti copy, cut, paste, print dll, MS Word
memiliki shortcut khusus sendiri yaitu:
Ctrl+Z & Ctrl+Y :
Jika Anda melakukan kesalahan tanpa
disengaja Anda bisa memanfaatkan shortcut ini.
Ctrl+Spasi :
Tekan tombol ini jika dirasa suatu
kalimat atau paragraph memiliki kesalahan misal, bold, italic, underline, huruf
dll agar kembali normal (default). Caranya seleksi kalimat atau paragraph lalu
tekan tombol “Ctrl”+Spasi”.
Ctrl+Q :
Tekan tombol ini jika Anda menemukan
kesalahan format paragraf, double spasi, spasi tambahan di awal dan akhir
paragaf, dll. Caranya seleksi seluruh paragraf lalu tekan kombinasi tombol
tersebut.
Alignment
Ctrl+L : untuk
mengetik rata kiri.
Ctrl+E : untuk
mengetik di posisi tengah (center).
Ctrl+R : untuk
mengetik rata kanan
Ctrl+J : untuk
merubah susunan paragraf menjadi rata kanan dan kiri (Justify)
Trik Unik
Ingin sekedar mengusili teman kerja
Anda atau ingin tahu apa saja yang bisa MS Word lakukan, ketik beberapa kata
berikut ini.
=rand (200,99)
Ketik kata di atas lalu tekan
“Enter” tunggu selama 3 detik. MS Word akan menampilkan tulisan sebanyak 567
halaman yang berisi komentar dari beberapa karyawan atau orang yang ikut
mengerjakan Aplikasi tersebut.
=lorem(7,3)
Dengan mengetikkan kata di atas akan
menampikan 3 paragraf yang terdapat dalam teks Lorem Ipsum
=rand.old(7,3)
MS Word akan menampilkan 3 paragraf
yang berisi contoh kalimat di teks mesin ketik “The quick brown fox jumped over
the lazy dog.”
Nah, mungkin itu
sementara beberapa tips yang semoga dapat membantu Anda dalam mengerjakan
dokumen di MS Word semakin mudah dan menyenangkan.
Semoga
Bermanfaat !!!!!
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 komentar:
Post a Comment